Pages

Tuesday 26 November 2013

Belajar SAP

Halo admin, suhu, dan rekan-rekan. Saya sangat tertarik dengan SAP, saya mau belajar...bisakah saya dituntun sebaiknya belajar dari mana, dan aplikasi SAP bisa saya dapat dmn ya?? saya googling susah dapetnya...mohon bantuan para SUHU sekalian.
Sebagai salah satu admin di suatu group komunitas SAP di jejaring sosial, sering kali muncul pertanyaan dari salah satu member baru mengenai cara belajar SAP. Entah mengapa mulai banyak beberapa rekan dari IT tertarik untuk mempelajari ERP yang satu ini. Namun mereka kebanyakan bingung harus mulai dari mana. Saya akan menceritakan pengalaman saya tentang belajar SAP dari masa-masa bingung yang pernah saya lalui.


Searching info tentang SAP
Pertama kali yang saya lakukan adalah mengumpulkan informasi mengenai SAP, baik melalui teman-teman praktisi SAP maupun   melalui Internet. Saya memiliki passion di development, jadi saya fokuskan tentang semua hal mengenai SAP development dan programming.

Cari tempat belajar
Saya sudah memperoleh informasi melalui searching internet tentang SAP dan bidang yg saya minati, saatnya mencari tempat untuk belajar SAP secara langsung dengan bimbingan praktisi SAP. Training SAP resmi di Indonesia bisa diambil di beberapa lembaga training resmi SAP di jakarta. Adapun training yang saya ambil adalah training ABAP Basic melalui training komunitas di Bogor.

Akses ke SAP untuk Latihan.
Akses ke Environment SAP dibutuhkan bagi kita untuk tetap berlatih di rumah mengerjakan hal-hal yang terkait SAP. Saya menggunakan IDES 4.7 dan ECC yang terinstall di Hardisk Portable. Media itu sangat membantu kita untuk bisa tetap continue mempelajari SAP melalui Notebook atau PC kita di rumah.

Learning by doing.
Belajar SAP sampai mahir memang dibutuhkan latihan yang berkelanjutan. Saya merasa tidak cukup hanya sekedar mengambil training ABAP Basic. Saya mencoba untuk berlatih di rumah dengan soal-soal dan contoh report dari rekan-rekan konsultan yang mengajari saya. Tiap kali ada problem baru tentunya akan menambah perbendaharaan teknik coding.

Meniti Karir sebagai SAP Konsultan.
Passion sudah anda temukan setelah belajar SAP, dan anda sangat tertarik untuk melanjutkannya lebih jauh, maka tidak ada salahnya anda mencoba meniti karir sebagai konsultan SAP. Beberapa perusahaan IT consultan yang bergerak di bidang SAP saat ini selalu membutuhkan tenaga konsultan SAP. Bagi yang masih freshgraduate bisa mencoba jalur MT (Management Trainee) untuk posisi SAP konsultan.
 
Aktif di komunitas dan forum.
Anda juga bisa mengikuti seluruh perkembangan dunia SAP melalui komunitas SAP dan forum-forum di internet. Diskusi dan problem solving yang ada di forum komunitas membuat wawasan kita akan semakin bertambah. 
Situs yang sering saya kunjungi seperti : https://scn.sap.com. http://saptechnical.com

No comments:

Post a Comment